Epidata merupakan salah satu perangkat lunak, yang digunakan untuk membuat stuktur kuesioner. Setelah struktur kuesioner dibuat maka fungsi epidata selanjutnya adalah untuk melakukan penginputan data (entering data) dan pendokumentasian data (documentation data). Banyak kelebihan yang dimiliki oleh epidata, salah satunya adalah dapat menghindari kesalahan penginputan. Hal inilah sehingga epidata merupakan salah satu sofwere pilihan dalam pengimputan data.
Untuk menggunakan perangkat ini, maka software epidata tersebut harus sudah terinstal di komputer anda. Jika belum mempunya sofwere epidata, download dan ikutin langka instal disini
MENGOPERASIKAN EPIDATA 3.1
Klik ikon Epidata dilayar monitor atau pilih “Start” “Program” “Epidata”, dan klik “Epidata”. Muncul gambar seperti dibawah ini :
Define Data
Berfungsi untuk membuat template struktur kuesioner berserta
jawaban dan membuat nama variabel.
Template akan tersimpan dengan ekstensi.QES. Struktur kuesioner dapat
dibuat mengikuti struktur asli kuesioner
atau melakukan perubahan yang dapat mempermudah proses penginputan data. Nama
variabel memiliki ketentuan, yaitu:
1. Nama variabel dibatasi dengan tanda
kurung kurawal
{}.
Contoh: {Nama} {Leng}kap Responden
Maka nama variabelnya adalah namaleng
Jika nama variabel tidak
dibatasi dengan kurung kurawal maka Epidata akan secara otomatis mengambil 10
karakter awal atau mengambil 1 kata awal, tergantung pada pengaturan Epidata,
yaitu di “File”, “Option”, “Create data file”.
.
Jika dipilih Automatic
field names maka “Nama Lengkap Responden” akan diberi nama variabel
“namalengka”. Jika dipilih First
word in question is field name
maka “Nama Lengkap Responden”
akan diberi nama variabel “nama”. Untuk mempermudah,
pilih Automatic field names.
2. Maksimum karakter dalam variabel adalah
10 dan tidak termasuk
spasi.
Contoh: {Nama lengka}p Responden
Maka nama variabelnya adalah namalengka
3. Ketika nama variabel diawali dengan angka maka Epidata akan secara otomatis menambahkan “N” pada awal nama variabel.
Contoh: {3Nama} Responden
Maka nama variabelnya adalah “N3nama”
4. Ketika ada nama variabel
sama maka Epidata akan secara otomatis menambahkan angka pada nama variabel
terakhir. Contoh:
{Nama} Surveyor à nama variabel: nama
{Nama} Inputer à nama variabel: nama1
{Nama} Responden à nama variabel: nama2
5. Ketika ada karakter titik,
koma, spasi, tab, dan lainnya maka karakter
tersebut tidak akan masuk dalam
nama variabel.
Contoh: {a.Nama} Responden
Maka nama variabelnya adalah “anama”
Setiap variabel memerlukan ruang untuk tempat penginputan data (menjawab pertanyaan kuesioner). Paling sedikit ada 3 jenis data akan dientri yaitu
No
|
Jenis Data
|
Keterangan Simbol
|
1.
|
Angka / Numeric
|
· ## (2 digit) 01
· ### (3 digit) 123
· ##.# (2 digit dan 1 digit desimal) 50,9
|
2.
|
Huruf / Karakter / String
|
· _ 1 karakter “_” digunakan untuk 1 karakter jawaban. Jadi jika suatu pertanyaan memiliki jawaban sampai 10 karakter maka harus
ada 10 “_”. Dapat dilakukan penginputan untuk huruf kecil dan huruf kapital.
· <A > digunakan untuk penginputan format huruf kapital.
· <Y> digunakan untuk penginputan format
Yes atau No
|
3.
|
Tanggal / Date
|
· <DD/MM/YYYY> untuk format tgl/bulan/tahun
· <MM/DD/YYYY> untuk format bulan/tgl/tahun
|
Hal yang
harus diperhatikan
dalam
Define Data:
1.
Setiap ruang
entry
harus memiliki variabel.
2.
Variabel harus berada satu baris yang
sama dengan
ruang entry.
3.
Variabel harus mendahului ruang
entry.
Contoh
:
{responden} : <A>
{Alamat} :
{JK} : #
{Tanggal} : <dd/mm/yyyy>
Keterangan:
1. {responden} :
<A> Huruf akan
dirubah secara otomatis menjadi huruf kapital meskipun penginputan
huruf kecil. Variabel
“nama” memiliki panjang karakter maksimal untuk penginputan
adalah 20
karena
ada 19 spasi setelah “A”.
2.
{Alamat} :
Variabel “alamat” memiliki panjang
karakter maksimal untuk penginputan adalah 20 karena ada 20 “_”.
3. {Tanggal}
Lahir
: <dd/mm/yyyy> variable tanggal diisi dengan format tanggal/bulan/tahun.
4.
{JK}:
##, tipe data dari variabel Status
adalah numerik (angka) dengan 2 digit.
Setelah selesai membuat Define Data, simpan di dalam suatu folder dengan cara mengklik tanda bergambar disket atau pilih “File” “Save”. Untuk membuat Define Data
baru, pilih “Define Data” “New.QES file”. Untuk membuka Define Data yang telah dibuat pilih
“Define Data”
“Open.QES
file”.
Make Data File
Berfungsi untuk menjadikan file pada format .QES menjadi .REC. Ekstensi .REC ini digunakan untuk penginputan dan penyimpanan data. Make Data File perlu dijalankan setiap ada perubahan Template struktur kuesioner. Pilih “Make Data File” “Make Data File” maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut:
Berfungsi untuk menjadikan file pada format .QES menjadi .REC. Ekstensi .REC ini digunakan untuk penginputan dan penyimpanan data. Make Data File perlu dijalankan setiap ada perubahan Template struktur kuesioner. Pilih “Make Data File” “Make Data File” maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut:
|
Pilih Ok maka nama file dari Make Data File akan sama dengan nama File dari Define Data dan disimpan pada folder yang
sama. Kemudian akan muncul kotak
dialog sebagai berikut:
Masukan deskripsi singkat mengenai kuesioner ini dan pilih OK dan akan muncul kotak dialog sebagai berikut:
Kemudian pilih OK
Dalam Make Data File ada pilihan Preview Data Form. Fungsinya untuk melihat template dari struktur kuesioner yang telah dibuat pada Define Data. Preview Data Form sebaiknya dilakukan sebelum melakukan Make Data File
Check
Berfungsi untuk memudahkan dalam proses penginputan data dengan membuat fungsi
kalkulasi
atau logika sederhana. Dengan memberikan Check yang benar, diharapkan dapat memperkecil peluang kesalahan
dalam penginputan
data.
Check
yang telah
dibuat
akan tersimpan dengan ekstensi
.CHK.
Resiko salah ketik sering terjadi, contoh variabel Jenis Kelamin. Variabel Jenis Kelamin hanya
terdiri
dari angka 1 dan 2. Angka 1 menunjukan
pria dan angka 2 menunjukan wanita. Harus dilakukan
Check
agar hanya angka
1 dan 2 saja yang dapat masuk dalam proses penginputan.
Menu utama pada Check
terdiri
dari nama variabel,
“Range,Legal”, “Jumps”, “Must enter”, “Repeat”,
“Value label”,
“Edit”, “Save”, dan “Close”
· Nama variabel, berisikan
semua variabel
yang
sudah
dibuat di
Define Data. Langkah pertama
pada
Check adalah untuk
memastikan bahwa nama variabel
yang diberikan
sudah jelas. Apabila
ada yang tidak jelas dan aneh
maka harus diperbaiki kembali
di Define Data.
Cara memperbaiki variabel:
1.
Tutup program Check
2.
Klik Define
Data
3.
Buka file.QES, perbaik
strukutur kuesioner
dan varibelnya
4.
Klik tanda disket
(save)
5.
Klik Make Data File
6.
Jawab yes untuk
menimpa file
yang sudah
ada sebelumnya.
7.
Klik Check
· Range, Legal,
berfungsi untuk membuat batasan nilai yang masuk, misal jenis kelamin
terdiri dari
1 dan 2 maka pada kotak
range diisikan angka 1-2.
· Jumps, berfungsi
untuk
memudahkan proses entry
data
misalnya
ada pengisian
pertanyaan yang
akan dilompati.
Misalnya, ada pertanyaan
nomor 3 dengan pilihan
jawaban
ya atau tidak. Jika memilih
ya maka lanjut ke pertanyaan nomor 4 jika memilih tidak
maka
lanjut ke pertanyaan nomor 8 misalnya.
Disinilah
fungsi
Jumps itu
berarti.
· Must Enter,
berfungsi
member
tahu kepada pengentri bahwa
data mana saja yang wajib untuk
dimasukkan,
misalkan
nomor identifikasi
dan variabel penting lainnya. Jangan semua variabel dibikin must
enter karena akan menyulitkan proses
entry data.
· Repeat,
berfungsi untuk mengulangi data
yang pernah
dimasukkan ke track record sebelumnya.
Misalnya ada variabel
propinsi yaitu DKI
Jakarta pada record 1 maka fungsi repeat ini memunculkan kembali ketika DKI Jakarta pada record 2. Sehingga petugas entry data tidak
perlu
mengetik
berulang-ulang
hal yang sama.
·
Value label, berfungsi membuat label dari variabel.
Seperti
contoh
di bawah ini
Jika ingin membuat label, klik tanda +, kemudian ketik nama penjelas variabelnya,
setelah itu klik Accept dan
Close
Untuk menuliskan keterangan yang lebih
dari 2 kata menggunakan tanda
2 petik
atas
“ “, misalnya “Data Hilang”.
·
Edit, berfungsi untuk menambahkan atau mengurangkan program check lainnya jika diperlukan,
dengan
mengetik
langsung
pada
ruang
yang sudah disediakan, seperti
membangun
fungsi logika IF THEN
ELSE, fungsi
kalkulasi, fungsi
Range
Legal, Jumps, Must enter, Value Label juga
dapat dilakukan
di Edit.
· Save,
berfungsi
untuk menyimpan program
Check menjadi
file dengan ekstensi .CHK
- Close, keluar dari program Check
Enter Data
Berfungsi untuk penginputan data. Sebaiknya dijalankan setelah program Check lengkap dan benar. Penginputan data dilakukan dengan memasukan data yang ada pada
kuesioner ke dalam template
yang telah
jadi seperti
gambar di atas. Ketika sedang melakukan
proses penginputan dan harus ada perubahan Define Data
maka harus dilakukan Revise Data File.
Karena ketika melakukan
perubahan
Define Data dan dilanjutkan
dengan
Make Data File tanpa dilakukan Revise Data File maka data yang telah dientri
akan hilang.
Langkah melakukan Revise Data File:
1.
Close Enter
Data
2.
Pilih “Tools” “Revise Data” “OK”
3.
Lakukan perubahan yang diperlukan di Define Data kemudian
Make Data
File.
4.
Kemudian masuk kembali ke enter
data,
jika muncul
kotak
dialog, pilih
OK
Untuk
melakukan edit pada data yang telah
dientri dapat memilih Goto
untuk
menuju
record
yang
akan diedit,
membuat
record baru, dan menghapus record.
Documents
Berfungsi untuk melihat struktur variabel, struktur data yang telah dientri,
tabulasi data
yang telah dientri, dan validasi
data. Contoh untuk melihat data yang telah dientri. Pilih “Documents” “View
Data”
Pada Documents tidak dapat dilakukan edit data
Export Data
Berfungsi untuk merubah file dalam
format
Epidata ke berbagai
format sesuai yang disediakan di program
Epidata,
misalnya Text, dBase, Excel,
Stata, SPSS, dan SAS.
Langkah-langkah
untuk export data:
1.
Klik Export Data
2.
Muncul beberapa pilihan format data, misal pilih
Excel
3. Muncul
kotak dialog untuk mengambil file format Epidata yang akan diexport menuju
excel (format yang dipilih).
Kemudian
pilih
Open.
· Untuk mengedit record:
- Pilih record yang akan diedit dengan cara tekan “Ctrl+G” atau pilih menu “Goto” “Goto Record” atau tekan tombol yang dilingkari merah pada gambar di bawah ini. Contoh record yang akan diedit adalah 880
2. Lakukan edit dan simpan
· Untuk menyimpan record yang telah diinput:
1.
Jika sudah sampai pada kolom input terakhir, tekan “Enter”
2.
Jika proses peninputan tidak sampai kolom terakhir atau melakukan perubahan data pada kolom input
tertentu penyimpanan dapat dilakukan dengan menekan “F10” atau “Ctrl+PgDn” atau pilih tombol yang dilingkari merah pada gambar di bawah ini.
1.
Pilih record yang akan dihapus
2.
Tekan “Shift+Del” atau pilih “Goto” “Delete record” atau tekan tanda silang seperti gambar di bawah ini
1.
Keluar dari Enter Data
2.
Jika ada pesan untuk
menyimpan
maka simpan
3.
Pilih “Tools” “Pack Data
File” kemudian
pilih
“Yes”
untuk menghapus record yang
telah
ditandai
tersebut
secara permanen
·
Untuk mengedit Check:
1.
Pilih Check
2.
Pilih Variabel
atau
pertanyaan yang akan
diedit
Check
Edit Check dapat dilakukan ketika
ada tambahan pilihan. Edit Check dilakukan pada fungsi logika IF THEN ELSE yang
telah ada. Ketika sudah ada record yang diinput dan dilakukan Edit Check maka
record yang sudah diinput tersebut tidak akan berubah sesuai dengan Check yang
telah diedit. Check tidak bisa digunakan untu melakukan edit struktur
kuesioner, seperti penambahan pertanyaan (variabel) atau penghapusan pertanyaan
(variabel). Untuk melakukan edit struktur kuesioner diperlukan edit Define
Data.
·
Untuk mengedit
struktur kuesioner:
1.
Pilih Define Data
2. Ubah struktur kuesioner, seperti tata
letak, penambahan pertanyaan (variabel), penghapusan
pertanyaan (variabel), perubahan format varibel
(misalnya
dari numerik menjadi
text), dan lain sebagainya.
3.
Simpan hasil
perubahan
pada Define Data
4.
Lakukan Make Data File
5.
Lakukan Check jika diperlukan
6.
Enter Data
Perlu diperhatikan bahwa ketika
melakukan edit struktur kuesioner dan
pada
kuesioner tersebut sudah
ada record tersimpan
maka record tersebut akan hilang. Untuk menghindari hal ini sebelum melakukan
edit struktur kuesioner, lakukan:
1.
Pilih “Tools” “Revise Data File”
2.
OK
3.
Lakukan edit struktur
kuesioner
·
Untuk membagi record
yang akan diinput
kebeberapa inputer:
misalnya ada sebanyak 1000 form/ kuesioner yang siap di input. Agar cepat, maka sebaiknya di input oleh beerapa orang di komputer yang berbeda maka langkahnya:
misalnya ada sebanyak 1000 form/ kuesioner yang siap di input. Agar cepat, maka sebaiknya di input oleh beerapa orang di komputer yang berbeda maka langkahnya:
1.
Copy master Formulir (template yang sudah dibuat sesuai kuesioner) bagikan kepada inputer.
2.
Inputer melakukan
input data pada form yang telah di copy.
3.
Untuk menggabungkan record yang telah diinput
dari
beberapa
inputer lakukan:
1.
Pilih “Data in/out” Append/Merge
2.
Pilih file.REC dari inputer pertama dan kedua yang akan di gabungkan
3.
Lakukan langkah 1
dan
2 untuk
inputer
lainnya,
sampai menjadi
1 file.REC